Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Stress

Stress bisa menyerang siapa saja baik orang tua hingga anak-anak pun bisa terserang stress. Tak heran jika banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi stress, karena memang efeknya bisa menyebabkan gangguan mental hingga bahkan depresi atau kegilaan jika tidak cepat diatasi. Sebenarnya stress disebabkan oleh beberapa faktor penyebab stress yang merupakan kebiasaan buruk yang bisa memicu stress.

Cara Menghilangkan Stres

Penasaran apa saja penyebab stress dan cara mengatasi stress? Langsung saja yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kebiasaan Buruk Yang Tidak Disadari Pemicu Stres

Kadang ada beberapa kebiasaan yang kita anggap biasa saja tapi ternyata bisa jadi pemicu masalah kesehatan dan gangguan mental seperti stress, depresi atau bipolar misalnya. Tanpa kita sadari ternyata stress bisa disebabkan oleh kebiasaan yang kita anggap biasa saja.

Ah, masa sih? Coba simak penjelasan berikut ini dan kita coba kurangi kebiasaan yang mungkin tanpa disadari juga kita lakukan sebagai cara mencegah stress.

  • Jalan Sambil Menunduk
    Ingatkah anda kalau postur yang tegap lebih mengesankan kepercayaan diri? Begitu juga dengan gesture tubuh saat berjalan kaki. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, mereka yang berjalan kaki sambil menunduk lebih mudah terkena mood yang jelek dan terkena stress.

    Sebaliknya, mereka yang berjalan dengan gesture tubuh yang tegak dan dinamis lebih mudah mempunyai mood yang baik. Coba perhatikan bagaimana gesture tubuh anda saat bercermin.
  • Malas Berolahraga
    Ini juga salah satu hal yang sering dialami oleh sebagian besar dari kita. Padahal mereka yang rajin berolahraga berpeluang menurunkan risiko stress sampai 19%. Bahkan hasil penelitian yang dilakukan oleh JAMA Psychiatry menemukan adanya hubungan antara intensitas aktivitas fisik dengan tingkat stress yang dialami.

    Semakin banyak bergerak semakin rendah peluang terkena stress. Bila tidak sempat berolahraga, setidaknya usahakan untuk banyak bergerak seperti naik turun tangga daripada naik lift, dan banyak berjalan daripada menggunakan kendaraan.
  • Malas Menyelesaikan Pekerjaan
    Salah satu kebiasaan buruk yang tidak sadar kita lakukan adalah menunda pekerjaan sampai mepet batas waktu yang ditentukan. Akibatnya akan membuat kita mudah terkena stress, cemas dan tidak yakin bisa menyelesaikan pekerjaan.

    Bila anda mengalami hal ini cobalah berhenti sejenak dan lakukan aktivitas ringan agar membuat pikiran lebih tenang. Misalnya saja melakukan olahraga ringan atau mendengarkan musik favorit. Setelah mood kembali, segera bereskan pekerjaan anda.
  • Teman Dengan Pengaruh Buruk
    Punya teman yang mempunyai pengaruh buruk, membuat kita merasa tidak nyaman dan egois juga membuat mood jadi buruk bahkan stress. Jadi, usahakan untuk meminimalkan interaksi dengan mereka agar tidak merusak mood.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Stress dan Depresi

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab stress pastinya anda sudah tahukan apa saja cara mencegah stress yang dapat anda lakukan. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi stress yang dapat anda lakukan. Berikut beberapa cara mengobati stress pikiran.

  • Menghirup Udara Segar
    Cara menghilangkan stress yang pertama dapat anda lakukan adalah menghirup udara segar. Ketika anda sudah merasakan pusing akibat stress maka segeralah menghirup udara segar karena bertahan pada posisi dan kondisi yang monoton tidak akan bisa mengatasi stress. Salah satu contohnya seperti pada saat anda sedang pusing dan merasa mumet pada suatu pekerjaan yang numpuk. Namun anda tetap mengerjakannya secara terpaksa agar tetap selesai.

    Cara ini sangatlah salah karena stress anda akan semakin parah jika dipaksakan dan terus bertahan pada kondisi yang seperti itu. Cara mengatasi stress akibat pekerjaan yang numpuk dapat anda lakukan dengan mencari dan menghirup udara segar walau hanya sebentar. Hal ini karena udara segar dapat membantu menenangkan pikiran anda kembali pulih dan jernih sehingga stress dapat diatasi.
  • Olahraga Rutin
    Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, salah satu kebiasaan buruk penyebab stress adalah malas berolahraga. Oleh karena itu pastikan Anda melakukan olahraga secara rutin. Tidak hanya dapat menghirup udara segar, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental.

    Penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan olahraga, tubuh akan memproduksi dan menghasilakan hormone endorphin yang bisa memberikan efek relaksasi pada pikiran. Tidak hanya itu, olahraga juga berfungsi untuk memobilisasi otot, melancarkan peredaran darah sehingga kondisi tubuh menjadi lebih stabil dan sehat.
  • Perbanyak Minum Air Putih
    Pada saat berada pada kondisi yang tertekan atau stress, banyak mengkonsumsi air putih akan membantu mengurangi ketegangan. Hal ini karena stress biasanya akan mengakibatkan cairan tubuh berkurang sehingga tubuh akan lebih merasa letih.
  • Meditasi
    Cara mengobati stress pikiran yang selanjutnya adalah dengan cara melakukan meditasi. Beberapa ahli menyebutkan bahwa meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh mengatasi stress. Dengan melakukan meditasi, seseorang akan lebih memusatkan pikiran dan perasaan sehingga bisa berkonsentrasi dan pikiran menjadi rileks. Anda bisa melakukan meditasi selama kurang lebih 15 menit untuk mengatasi stress.
Itulah informasi mengenai beberapa faktor penyebab stress dan cara mengatasi stress. Semoga bermanfaat, terimakasih.